BOOKING TIKET PESAWAT

Diantara

Diantara. Info sangat penting tentang Diantara. Mengungkap fakta-fakta istimewa mengenai Diantara

Diantara. Bisnis Tiket Pesawat. Pada 1991, Profesor Vilen Sikorsky bertemu dengan W.S. Rendra. Kali itu, "Sang Burung Merak" bercerita bahwa neneknya adalah seorang Rusia. Ya, dalam tubuh penyair Rendra (almarhum) mengalir darah Rusia. Sikorsky, Presiden Persatuan Ketimuran Ilmiah Sosial Moskow, mengungkapkan hal itu dalam pidatonya yang berjudul "Rendra: Orang-orang Harus Dibangunkan Agar Kehidupan Bisa Terjaga." Pidato itu disampaikan dalam acara "Malam Mengenang W.S. Rendra" di Pusat Perpustakaan Ketimuran, Rusia, 14 Oktober lalu. Acara yang terselenggara atas kerja sama Lembaga Ilmiah Nusantara, Lembaga Persahabatan Rusia-Indonesia, dan Perpustakaan Nasional Rusia itu berlangsung di sebuah gedung kuno yang mewah, dekat Kremlin.

Dahulu kala, seorang violinis perempuan Rusia ikut bergabung dalam kelompok musik yang tengah melakukan konser keliling Hindia-Belanda. Seorang pemuda Surakarta (kakek W.S. Rendra) jatuh cinta pada sang penggesek biola itu dan melamarnya untuk menikah. Lamaran diterima. Dan sejak itu, violinis Rusia tersebut menetap dan beranak-pinak di bumi Nusantara. Dari kisah itu, Sikorsky menabalkan sebuah bagian tentang Rusia yang tersimpan di dalam kalbu Wilibrordus Surendra Broto Rendra (1935-2009), seorang penyair besar Indonesia yang doyan memberontak dan membawakan suara orang-orang yang menderita.

Bukan sekali-dua Sirkosky bertemu Rendra. Pada 2009 ini, sebelum sang penyair gering payah dan wafat, profesor yang di kalangan akademisi Rusia dikenal sebagai "pakar sastra Indonesia" itu sempat mampir ke rumah Rendra di Cipayung, Citayam, Depok, Jawa Barat. Mereka terlibat dalam obrolan hangat sebagai kawan lama. "Meninggalnya Rendra bagi saya sangat mendadak. Sebab, pada waktu bertemu tahun ini, kami membahas kemungkinan kunjungan sang pujangga bersama istrinya ke Moskow dan St. Petersburg, yang sudah lama diimpikannya," kata Sirosky dalam perhelatan yang juga dihadiri perwakilan Konsulat RI untuk Rusia itu.


BOOKING TIKET PESAWAT
Powered By : Blogger